Laman

Rabu, 27 April 2011

portofolio

Beberapa pekerjaan yang prnah saya tangani dan sempat terdokumentasi, 
baik pekerjaan kantor ataupun pekerjaan sampingan  dari tahun 2008-2010.
 

Nojorono adalah merupakan salah satu produsen rokok di kudus. bangunan ini adalah 3 in 1 yaitu: gudang sekaligus tempat produksi rokok dan kantor. sebenarnya officenya sendiri bisa dikatakan sederhana tetapi penuh makna.  Kenapa bisa di katakan seperti itu, karena unsur2 fengshui banyak di terapkan di bangian office ini, seperti labar dan tinggi jendela, jumlah jendela, arah hadap pintu, dll.
Lokasi ini sebenarnya merupakan tanah warisan, yang di bagi kepada 2 orang anaknya katakan saja A mendapat tana bagian depan dan B mendapat tanah bangian belakang. Di area belakang sudah di kembangkan menjadi lapangan futsal dan badminton yang di sewakan. dengan potensi yang sudah di kembangkan tersebut maka  di area depan di di peruntukan untuk kafe. Cafe ini merupakan penggabungan antara game center, warnet dan cafe. Segmen pasar dari kafe ini selain pengunjung dari luar di harapkan pengunjung dari tempat futsal dan badminton dapat ikut bergabung (dalam bahasa jawanya mampir).
 Rumah tinggal di Balikpapan, Kalimatan Timur.
Rumah tinggal di Semarang, Jawa Tengah.
Rumah tinggal di cirebon, Jawa Barat.
Taman menteri supeno ( di semarang lebih terkenal taman KB) ini merupakan salah atu taman kota di semarang. Rehabilitasi taman Menteri speno ini menelan biaya 900jutaan. Existing yang sudah ada yaitu berupa kolam di tengah dan jalan masuk dari ke tiga arah. Konsep yang diambil yaitu semarang bergandeng tangan. Penerapan pada desainnya yaitu membuat pedestrian si sekitar kolam yang melingkar saling terhubung, seolah-olah tangan yang saling bengandengan.  fasilitas-fasilitas lainya yaitu adanya sitting group, reflesologi, air mancur, amphitheater, dll.
Berdasarkan ilmu landscape taman kota unsur-unsur taman harus meliputi, groundcover, perdu, semak, dan pohon. Kondisi existing median Jl. Pahlawan ini berupa taman dengan model taman tumah, yang unsur-unsur tesebut tidak memenuhi/tidak cocok untuk median jalan. Tema yang diambil yaitu yaitu koridor warna, hal ini di bentuk dengan pemilihan tanaman spathodea yang di tanam di trotoar, yang ketika berbunga warnanya kuning, warna kuning ini lah yang menjadikan suasana jalan pahlawan menjadi kuning. selain itu di median jalan sendiri  menggkombinasikan semua unsur groundcover, perdu, semak, dan pohon di median jalan dengan bentuk yang melikuk-liku, sehingga terkesan lembut. 
 Konsep yang diambil yaitu batik dan pelabuhan. penerapan pada disain yaitu kolam di tengah dengan sculpture layar perahu merupakan filosofi dari pelabuhan, massa bangunan di sekelilingya merupakan filosofi dari perahu. Makna dari gubahan massa tersebut yaitu BLKI ini merupakan tempat berlabuh untuk menimba ilmu dari berbagai macam ketrampilan / jurusan, sehingga dengan berlabuh ke sini dapat menhasilkan tenaga-tenaga ahli yang profesional. Sedangkan untuk batik sendiri diterapkan pada ornamen-ornamen bangunan.
Masterplan GOR Wonosobo ini mengambil tema olahraga dan rekreasi dengan arsitektur yang  futuristik, dengan bentuk-bentuk yang dinamis, merupakan filosofi dari gerak tubuh atlit olahraga. penggunaan warna yang dominan kuning menrupakan filosofi dari medali emas yang merupakan medali no 1. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih maka di buatkan embung / penampungan air hujan, yang airnya dimanfaatkan untuk diolah menjadi air bersih. Fungsi lain dari embung ini juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi, yang di lengkapi dengan gardu pandang dengan view Gunung Sindoro-Sumbing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar