Laman

Kamis, 28 April 2011

Hutan Kota Krobokan, Semarang



PENDAHULUAN
Kesadaran akan pentingnya mempertahankan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota Padang perlu diapresiasi mengingat minimalnya upaya ke arah itu di tempat lain namun kepentingannya sudah sangat mendesak di kota-kota besar.  Kondisi lingkungan hidup yang makin buruk seperti pencemaran udara,peningkatan suhu, penurunan air tanah, dan lain-lain khususnya di perkotaan menyebabkan terganggunya keseimbangan ekologi.
PENGERTIAN HUTAN KOTA
Hutan Kota adalah pepohonan yang berdiri sendiri atau berkelompok atau vegetasi berkayu di kawasan perkotaan yang pada dasarnya memberikan dua manfaat yaitu  fungsi lansekap (sosial dan fisik), fungsi lingkungan (ekologi) dan fungsi estetika (keindahan).

TIPE HUTAN KOTA
a.  Tipe Pemukiman  
b.  Tipe Kawasan Industri
c.  Tipe Rekreasi dan Keindahan
d.  Tipe Pelestarian Plasma Nutfah   
e.  Tipe Perlindungan 
f.  Tipe Pengamanan
 hutan kota krobokan merupakan hutan kota tipe permukiman.
Sebagai fasilitas umum harus mengakomodasi fasilitas untuk kaum difabel/penyandang cacat yang tertuang dalam peraturan-peraturan pemerintah, sebagai berikut:

PENYANDANG TUNANETRA
UU Nomor 4 Tahun 1997 Pasal 1 Ayat 1 dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1998,penyandang cacat berhak memunyai kesamaan  kedudukan, hak, dan kewajibandan dalam berperan dan berintegrasi  secara total sesuai dengan kemampuannya dalam segala aspek kehidupan  dan penghidupannya.

KURSI RODA
Keputusan Menteri PU 468/KPTS/1998 tentang Persyaratan Aksesibilitas Pada Bangunan Gedung & Lingkungan Kemiringan maksimum 7 derajat dansetiap 9 m  terdapat pemberhentian. Ukuran lebar minimum jalur pedestrian adalah 136 cm untuk jalur 1 arah  dan 180 cm untuk jalur 2 arah 

 KONSEP
Karena adanya peninggian tanah kurang lebih 50 cm dari jalan maka diberi pedestrian yang mengbubungkan dari sebrang satu kesebrang yang lainya. ditengah-tengah area terdapar sitting group, untuk duduk-duduk dan bersantai. pedestrian ini juga di lengkapi dengan braile block, dan dapat diakses dengan kursi roda. Selain itu juga adanya stepping stone yang berkelanjuatan antara blok satu dengan blok yang lain. 
Untuk memaksimalkan fungsi utama sebagai resapan air maka di perlukan penambahan sumur resapan, di masing-masing blok terdapat 4 sumur resapan.
Fasilitas Hutan Krobokan antara lain:
pedestrian, sitting group, area bermain anak, refleksologi, lapangan olahraga, dll.

Denah sitting group
pedestrian menuju sitting group
sitting group
sitting group
Denah Area Bermain
taman bermain
scupture
refleksologi


Denah Lapangan Olah Raga
Stepping stone
jalan di kiri dan kanan site



..... terima kasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar